Site icon Hi-Cook Official

Amankah Kompor Gas Portable?

 Kompor gas portable adalah alat masak portable yang menggunakan bahan bakar gas cartridge atau tabung gas kaleng. Biasanya, kompor portable banyak dipakai untuk aktivitas masak luar ruangan seperti saat berkemah atau piknik.

Tapi, kompor gas portable juga banyak digunakan oleh anak kost atau penghuni apartemen yang membutuhkan alat masak praktis dan hemat tempat. Lalu, amankah kompor gas portable bila digunakan untuk memasak sehari-hari?

Baca juga: Kompor Portable Tidak Mau Menyala? Ini Solusinya!

Amankah Kompor Gas Portable?

Kompor gas portable memang punya beberapa kelebihan, bentuknya yang ramping dan kecil lebih hemat tempat. Tak heran, kompor ini juga sering jadi pilihan di dapur minimalis yang punya ruang terbatas.

Tapi, sebagian orang meragukan keamanan penggunaan kompor gas portable. Lalu, apakah kompor gas portable aman untuk digunakan?

Kompor gas portable tentu aman untuk digunakan, apalagi bila memenuhi standar keamanan dan Quality Control seperti kompor Hi-Cook. Selama penggunaan kompor sesuai petunjuk, maka tidak ada masalah menggunakan kompor gas portable untuk memasak sehari-hari.

Bahkan, kompor gas portable sangat memudahkan dan membantu bagi mereka yang ingin memasak praktis. Kamu tetap bisa membuat aneka resep masakan meski hanya memakai kompor portable.

Namun, kompor gas portable baru bisa dibilang berbahaya dan tidak aman bisa cara penggunaannya tidak tepat. Misalnya, tidak memasang tabung gas portable dengan tepat, menyalakan api dengan kondisi tungku yang lepas, atau menggunakan tabung gas portable refill sebagai bahan bakar.

Baca juga: Bahaya Refill Gas Portable ! Belum Banyak Orang Tahu

Tips Pilih Kompor Gas Portable yang Aman

Kekhawatiran saat menggunakan kompor portable adalah hal yang wajar, kamu tentu ingin memasak dengan aman dan nyaman. Untuk itu, kamu bisa memilih kompor portable yang telah terjamin aman karena mutu dan kualitasnya.

Berikut adalah beberapa tips memilih kompor portable yang aman agar bebas khawatir saat pemakaian.

1. Pilih Kompor Portable dengan Pemantik Piezo

Beberapa jenis kompor portable diperuntukkan untuk aktivitas kemah atau camping sehingga tidak memiliki pemantik piezo. Kamu membutuhkan alat pemantik khusus untuk menyalakan api.

Tentunya kompor portable yang menggunakan pemantik piezo akan lebih aman saat menyalakan atau mematikan kompor. Cara penggunaannya juga lebih praktis dan mudah dibandingkan harus menggunakan pemantik api eksternal.

2. Pastikan Sistem Keamanan Kompor

Bila ingin mengutamakan keselamatan, pilihlah kompor portable yang telah dilengkapi dengan sistem keamanan, seperti kompor portable Hi-Cook.

Hi-Cook Kompor Portable KC-104 memiliki sistem keamanan pemutus aliran gas. Sementara Hi-Cook Kompor Portable KC-105 dilengkapi dengan 3 Safety System atau 3 level keamanan, yaitu terdiri dari Magnetic ring, Inline cut, dan Pushing pin.

Pengaman level 1 yaitu magnetic ring berfungsi sebagai sensor tekanan untuk mendorong keluar tabung gas secara otomatis bila tekanan pada tabung gas melebihi batas aman.

Bila tabung gas masih tersambung regulator karena macet, sistem inline cut sebagai pengaman level 2 akan memutus aliran gas.

Nah, pengaman level 3 pushing pin berfungsi sebagai proteksi ekstra untuk mendorong tabung gas secara otomatis bila tekanan tabung gas terus meningkat melebihi batas aman.

Dengan demikian, pemakaian kompor gas portable jadi lebih aman dan minim resiko kebakaran.

3.Cari Kompor dengan Dudukan Panci Bergerigi

Jangan anggap sepele dudukan bergerigi pada tungku kompor, ya! Meski sederhana, fungsinya membantu menjaga keseimbangan dan menopang panci atau wajan.

Apalagi, saat memasak wajan akan menjadi lebih berat karena menampung wadah makanan. Dudukan panci bergerigi membuat wajan jadi lebih anti selip sehingga tidak rawan tumpah.

Tungku kompor dengan permukaan datar lebih beresiko membuat wajan bergeser saat memasak. Hal ini membuatnya jadi kurang aman karena bila panci tumpah saat memasak bisa menyebabkan luka bakar bagi penggunanya.

4.Pilih Brand Terpercaya

Salah satu cara mudah untuk mengetahui amankah kompor gas portable yaitu dengan memilih brand terpercaya.

Hi-Cook Indonesia adalah brand penyedia alat dapur dengan spesialisasi di tabung gas portable. Kualitas kompor portable Hi-Cook juga tentunya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Baca juga: Cara Menyalakan Kompor Portable Lebih Mudah dan Aman 


Memakai kompor portable tetap aman selama kamu memperhatikan petunjuk penggunaan dengan tepat. Selain itu, gunakan pula wajan atau alat masak dengan ukuran sesuai.

Kompor portable punya ukuran lebih mungil sehingga sebaiknya kamu tidak menggunakan wajan yang terlalu besar atau berat.

Alat masak seperti Hi-Cook Wok Pan WP-26 atau Hi-Cook Fry Pan FP-26 lebih cocok kamu gunakan daripada dandang berdiameter besar dan berat. Bila tidak hati-hati, wajan masak bisa jatuh atau tumpah dan masakan yang panas bisa membahayakan pengguna kompor portable.

Yuk, tetap aman dan nyaman saat memasak bersama Hi-Cook! Produk berkualitas dan lengkap, siap penuhi semua kebutuhan dapurmu!

Baca juga: Gas Portable Tahan Berapa Lama?

Summary
Article Name
Amankah Kompor Gas Portable?
Description
Bagi anak kost atau penghuni apartemen, kompor portable sering jadi pilihan utama karena praktis. Tapi, amankan memakai kompor gas portable?
Author
Publisher Name
Hi-Cook Indonesia
Exit mobile version