Site icon Hi-Cook Official

Mengenal Perlengkapan Mpasi Untuk Si Kecil

perlengkapan-mpasi

Memasak makanan bayi pertama kali mungkin terlihat susah , tetapi dengan menggunakan perlengkapan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang tepat, prosesnya dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Perlengkapan MPASI hadir dalam berbagai macam jenis dan fungsinya, sehingga memudahkan para ibu dalam menyiapkan makanan bayi yang sehat dan bergizi.

Jika kamu bingung menentukan alat apa saja yang harus para ibu butuhkan saat mempersiapkan makanan Mpasi 

Blender atau food processor

Blender atau food processor adalah salah satu alat masak yang paling penting dalam memasak makanan MPASI. Dengan menggunakan blender atau food processor, makanan dapat dihaluskan dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat penting karena bayi pada awalnya hanya dapat menerima makanan yang lembut dan halus.

Saringan atau Strainer

Saringan atau strainer sangat penting saat pembuatan Mpasi untuk menyaring sayuran atau buah yang  dihaluskan atau direbus. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bagian yang tidak kita inginkan dan membuat tekstur makanan menjadi lebih halus.

Slowcooker

Peralatan masak seperti slowcooker sangat berguna untuk membuat makanan seperti bubur, sayur, dan daging sehingga proses matang secara sempurna tanpa mengurangi nilai nutrisi dari bahan makanan.  Alat ini juga membantu para ibu memasak tanpa harus terus mengaduk.

Vacuum Flask Atau Termos

Vacuum flask atau termos bisa kita gunakan dalam menyediakan air dalam kondisi panas dengan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu , para ibu tidak perlu memasak air lebih sering serta membutuhkan waktu yang lebih singkat dalam mempersiapkan makanan Mpasi atau susu formula.

Perlengkapan Makan Bayi

Sendok dan garpu bayi merupakan alat makan yang sangat penting dalam memberikan makanan MPASI kepada bayi. Pilihlah sendok dan garpu yang ringan dan mudah digunakan oleh bayi. Pastikan juga alat makan tersebut terbuat dari bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi bayi. Selain itu sediakan piring dan celemek agar proses makan dapat rapi dan tidak berantakan.

Toples atau wadah penyimpanan

Toples atau wadah penyimpanan penting untuk menyimpan makanan MPASI yang sudah melalui proses masak, sehingga produk makanan lebih beresiko mengalami penurunan kualitas. Sehingga kita memperlukan wadah untuk membuat makanan tetap memiliki kualitas yang terjaga.  Pilihlah toples atau wadah yang mudah dalam pembersihan, tahan lama, serta dapat kita gunakan dalam microwave.

Dalam memilih perlengkapan MPASI, pastikan untuk memilih alat-alat mmempermudah kegiatan para ibu serta tidak mempersulit bayi saat mengonsumsi makanan. Pastikan juga alat masak yang digunakan tidak membahayakan dan tidak mengandung zat-zat berbahaya pada bayi.

Exit mobile version