Site icon Hi-Cook Official

Berapa Lama Penggunaan Gas Portable Hi-Cook?

gas portable tahan berapa lama

Apakah kamu penasaran gas portable tahan berapa lama? Gas portable kaleng atau gas cartridge banyak digunakan untuk bahan bakar kompor portable. Biasanya, penggunaannya untuk memasak outdoor di berbagai kegiatan, seperti camping, piknik, hingga acara BBQ. 

Mengetahui gas portable tahan berapa lama bisa membantumu mempersiapkan jumlah kaleng gas portable yang cukup untuk beraktivitas. Nah, untuk itu artikel ini akan mengulas estimasi berapa lama penggunaan gas kompor portable. 

Baca juga: Bahaya Refill Gas Portable ! Belum Banyak Orang Tahu

Berapa Lama Penggunaan Gas Portable Hi-Cook?

Lama penggunaan gas portable tergantung pada konsumsi bahan bakar kompor portable yang kamu gunakan. Setiap kompor punya konsumsi bahan bakar yang berbeda dan mempengaruhi seberapa cepat gas portable habis.

Jadi, kamu perlu memperhatikan keterangan konsumsi bahan bakar dari kompor yang digunakan. Selain itu, perhatikan pula isi bersih dari tabung gas yang kamu gunakan.

Umumnya, tabung gas portable Hi-Cook 230g yang paling banyak digunakan untuk memasak dengan kompor portable. Gas portable Hi-Cook memiliki berat kotor 330g dengan berat bersih 230g.

Nah, berikut adalah contoh perhitungan untuk memperkirakan lama penggunaan gas portable Hi-Cook berdasarkan beberapa jenis kompor Hi-Cook. Kamu bisa menggunakan cara perhitungan ini untuk memperkirakan lama penggunaan pada jenis kompor lain.

Baca juga: Kompor Portable Tidak Mau Menyala? Ini Solusinya!

1. Kompor Portable KC-104 (2220 kcal/jam)

Kompor Portable KC-104 memiliki power 2,6 kW (2220 kcal/jam) dengan konsumsi bahan bakar 185g/jam. Jadi, penggunaan tabung gas portable Hi-Cook 230 gram kira-kira bisa bertahan untuk memasak sekitar 75 menit atau 1 jam 15 menit secara terus menerus.

Estimasi ini untuk penggunaan kompor portable dengan besar api maksimal. Tentunya, gas portable akan bertahan lebih lama bila menggunakan api sedang atau kecil.

2. Kompor Portable KC-105 (2665 kcal/jam)

Kompor portable KC-105 punya daya lebih besar dengan panas api lebih maksimal. Jadi, konsumsi bahan bakar juga lebih besar dan masakan jadi lebih cepat matang.

Bila kamu memiliki jenis Kompor portable KC-105, perlu kamu ketahui bahwa kompor ini punya Power 3,1 kW (2665 kcal/jam) dengan konsumsi bahan bakar 220g/jam.

Jadi, satu tabung gas Hi-Cook 230 gram cukup untuk memasak selama 62 menit secara terus menerus menggunakan panas api maksimal. Dengan daya power lebih besar, kamu juga bisa memasak lebih cepat, menghemat waktu, dan membuat penggunaan gas portable jadi lebih hemat.

3. Kompor Portable BBQ KC-301 (1800 kcal/jam)

Kompor BBQ Portable Hi-Cook KC-301 cocok untuk kamu gunakan di acara bakaran atau BBQ party yang membutuhkan alat grill. Jenis kompor portable ini punya power 2,1 kW (1800 kcal/jam) dan konsumsi bahan bakar 150g/jam. 

Kecepatan pembakaran gas kompor BBQ lebih rendah dibanding kompor portable lainnya. Jadi, satu tabung gas portable Hi-Cook 230g bisa bertahan selama 92 menit atau sekitar 1 jam 32 menit.

Durasi pemakaian satu tabung gas dengan kompor portable BBQ sudah cukup untuk membuat aneka masakan grill dengan porsi banyak, nih!

Baca juga: 13 Alat Masak Grill dan Perlengkapan Wajib Buat Pesta BBQ!

Gas Portable Tahan Berapa Lama?

Satu kaleng gas portable bisa tahan untuk memasak 10-15 kali pemakaian, tergantung jenis masakan dan jenis kompor yang digunakan. Berdasarkan pengalaman pengguna, memasak menggunakan kompor portable menghabiskan dua kaleng tabung gas dalam sebulan bila digunakan untuk memasak setiap hari.

Tentunya akan lebih hemat bila kamu gunakan untuk memasak sebanyak 1-2 kali saja dalam sehari. Apalagi, bila kamu menggunakan teknik memasak efektif yang bisa menghemat penggunaan gas saat memasak.

Untuk keperluan camping atau masak outdoor, kaleng gas portable bisa bertahan selama 1-2 jam untuk menyalakan api dengan daya maksimal tanpa jeda. Jadi, tentunya bisa bertahan selama beberapa hari bila kamu gunakan untuk menghangatkan makanan saja atau memasak singkat.

Namun, untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan stok gas portable, kamu bisa membeli dalam jumlah lebih banyak. Hi-Cook juga menjual gas kaleng dalam kemasan bundle, yaitu bundle gas Hi-Cook 12-in-1 dan gas Hi-Cook 4-in-1.

Baca juga: 10 Rahasia Trik Memasak Agar Lebih Cepat

Apa yang Mempengaruhi Penggunaan Gas Kompor Portable?

Selain tipe kompor, berapa lama gas portable tahan untuk memasak juga dipengaruhi banyak faktor. Apalagi, bila kamu menggunakannya untuk memasak di luar ruangan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja hal yang mempengaruhi lama penggunaan gas kompor portable agar bisa memperkirakan jumlah yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara Menyalakan Kompor Portable Lebih Mudah dan Aman

1. Efisiensi Kompor

Ini adalah faktor utama yang mempengaruhi gas portable tahan berapa lama. Agar bisa memperkirakan jumlah tabung gas yang dibutuhkan, kamu perlu memperhatikan tipe dan jenis kompor. 

Lebih baik bila kamu memilih kompor dengan efisiensi yang tinggi agar bisa menghemat waktu memasak. Namun, kamu juga perlu membawa tabung gas cadangan meski kompor punya efisiensi tinggi.

2. Penggunaan

Jenis masakan dan penggunaan kompor tentu akan mempengaruhi daya tahan gas portable. Bila kamu gunakan untuk memasak daging atau nasi, tentu akan menghabiskan gas lebih banyak daripada memasak mie instan.

Jadi, bila kamu berencana membuat masakan yang lama matang atau butuh waktu lama, pastikan membawa gas tabung portable lebih, ya!

3. Suhu dan Cuaca

Bila kamu memasak di luar ruangan, faktor cuaca juga ikut jadi penentu berapa lama gas portable bertahan. Di tengah cuaca yang dingin dengan suhu rendah, kompor akan butuh energi ekstra untuk menaikkan suhu.

Selain itu, suhu yang rendah juga membuat tekanan dalam tabung gas jadi ikut turun. Ini bisa mempengaruhi lama pemakaian gas.

Tapi, kamu tak perlu khawatir bila menggunakan gas portable Hi-Cook. Kaleng yang terbuat dari bahan berkualitas dan tebal membuat gas cartridge Hi-Cook tidak membeku di suhu yang rendah dan tetap lancar saat kamu gunakan.

4. Angin

Memasak di tengah kondisi angin kencang tentu jadi tantangan. Kondisi lingkungan yang berangin membuat penggunaan gas lebih boros.

Bila kamu berencana memasak atau camping di tempat yang berangin seperti di pantai atau gunung, lebih baik kamu membawa wind protector atau pelindung angin kompor.

Wind protector membantu membatasi terpaan angin ke api kompor. Jadi, nyala api lebih terjaga dan penggunaan gas portable juga lebih hemat.

5. Ketinggian

Bagaimana ketinggian bisa mempengaruhi lama penggunaan gas portable? Hal ini karena ketinggian mempengaruhi titik didih air.

Titik didih air menjadi lebih rendah ketika berada di tempat yang tinggi seperti di gunung atau bukit. Efeknya, air jadi lebih cepat mendidih sehingga pemakaian gas portable menjadi lebih hemat.

Tapi, hal ini berbeda dengan memasak. Kamu perlu menyiapkan gas portable lebih banyak bila memasak di ketinggian. Ini karena memasak membutuhkan waktu lebih lama 


 Gas portable Hi-Cook umumnya tahan digunakan untuk memasak selama 60 menit lebih secara terus-menerus dengan panas api besar. Bila menggunakan panas api kecil atau sedang, gas portable bisa bertahan hingga 75-90 menit.

Dengan satu tabung Gas portable Hi-Cook 230g, kamu bisa memasak selama satu jam lebih non-stop dengan nyala api besar. Lama pemakaian gas ini sudah lebih dari cukup untuk membuat aneka masakan. mulai dari mie instan, merebus air, hingga aneka lauk sederhana.

Nah, bila kamu ingin membawa gas portable untuk aktivitas masak luar ruangan, kamu bisa membawa Hi-Cook Tabung Gas Portable 4-in-1 atau Hi-Cook Tabung Gas Portabel 12-in-1. Dengan kemasan yang mudah dibawa, kamu tak perlu khawatir akan kehabisan gas sewaktu-waktu saat beraktivitas. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Tabung Gas Bocor Mendesis Biar Aman!

Summary
Article Name
Gas Portable Tahan Berapa Lama?
Description
Gas portable tahan berapa lama dipengaruhi tipe kompor, besar api, dan waktu memasak. Lama pemakaian satu kaleng tabung gas portable sekitar 60-90 menit.
Author
Publisher Name
Hi-Cook Indonesia
Exit mobile version