Site icon Hi-Cook Official

9 Tips Memilih Kompor Listrik yang Bagus dan Hemat Daya

tips memilih kompor listrik

Kompor listrik belakangan memiliki banyak peminat, banyak pula pengguna kompor gas yang mulai beralih ke kompor jenis ini. Alasannya karena kompor listrik punya beberapa keunggulan, seperti lebih minim resiko kebakaran.

Bila kamu sedang mencari kompor baru untuk kebutuhan dapurmu, kamu bisa mengikuti tips memilih kompor listrik berikut agar tak salah pilih.

Baca juga: Kompor Listrik vs Kompor Gas, Lebih Hemat Mana?

Tips Memilih Kompor Listrik

1. Sesuaikan Daya Kompor dengan Kapasitas Listrik Rumah 

Tips memilih kompor listrik yang pertama yaitu memperhatikan kebutuhan daya listrik kompor. Kemudian, sesuaikan dengan kapasitas listrik di rumah.

Jangan memilih kompor listrik dengan daya besar yang sulit dicukupi. Bila tidak, kamu akan kerepotan setiap akan memasak. Kamu jadi harus mematikan alat elektronik lain hanya untuk menyalakan kompor.

2. Tentukan Jenis Kompor yang Sesuai

Kompor listrik bisa kita bedakan jadi dua jenis, yaitu kompor listrik konvensional dan kompor induksi. Cara kerja kompor induksi memang berbeda dengan kompor listrik biasa, tapi keduanya menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Masing-masing kompor punya kelebihan dan kekurangan, jadi kamu bisa menentukan terlebih dulu tipe kompor yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: 6 Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Jangan Salah Beli!

3. Sesuaikan Ukuran dengan Luas Penyimpanan

Jangan sepelekan hal ini saat memilih kompor, ya! Ukuran kompor yang terlalu besar dari tempat penyimpanan pasti akan membuatmu repot nantinya.

Jadi, sebelum membeli kompor kamu bisa mengukur terlebih dulu luas table top atau meja dapur tempat meletakan kompor. Dengan demikian, bisa mengurangi kemungkinan ukuran yang tidak pas.

4. Perhatikan Tipe Pemanas

Ada dua jenis tipe pemanas pada kompor listrik, yaitu model pelat dan model kawat. Kamu bisa memilh jenis kompor dengan tipe pemanas yang cocok denganmu.

Kompor listrik dengan pemanas pelat seperti kompor listrik Hi-Cook punya permukaan yang rata. Jadi, lebih mudah kamu bersihkan dan lap setelah masak. Sementara model kawat terlihat adanya kumparan kawat spiral yang terbuat dari tembikar putih.

5. Tentukan Jumlah Tungku Sesuai Kebutuhan

Saat ini, sudah tersedia kompor listrik dengan satu tungku dan dua tungku. Kamu tinggal menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bila untuk penggunaan pribadi di apartemen atau kost, maka kompor listrik dengan satu tungku lebih cocok untukmu. Apalagi, kompror satu tungku juga lebih mungil dan hemat daya.

6. Cari Kompor dengan Fitur Keamanan

Agar penggunaan kompor selama masak lebih aman, carilah kompor yang menawarkan fitur safety atau keamanan. Misalnya, kompor listrik Hi-Cook memiliki fitur auto thermostat yang bisa membantu menstabilkan suhu.

7. Pilih Brand Terpercaya

Mengapa hal ini  perlu kamu pertimbangkan? Brand yang sudah terkenal dan terpercaya biasanya memiliki jasa after sales atau layanan purna jual yang baik. Misalnya menyediakan garansi produk dan terdapat mitra service yang banyak.

Selain itu, produk juga lebih terjamin kualitasnya karena brand terpercaya pastinya menetapkan standar Qualitry Conrol yang ketat. Jadi, kompor yang kamu beli lebih minim masalah dan kendala.

8. Cari Merk yang Menawarkan Garansi

Terkadang, tidak semua merk menawarkan garansi. Kamu perlu teliti untuk memastikan kompor listrik yang kamu beli adalah merk original.  

Maka, sebaiknya kamu memastikan kompor listrik yang kamu beli memiliki garansi produk. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bila sewaktu-waktu ada kendala saat penggunaan kompor.

9. Pilih Kompor dengan Desain Ergonomis

Desain kompor ergonomis adalah kompor yang dirancang untuk memudahkan penggunanya dan membuat produk bisa dipakai dengan nyaman.  

Misalnya adalah permukaan yang mudah dibersihkan, kaki anti-slip agar tidak bergeser, dan warna yang tidak mudah kotor. Semua hal ini bisa kamu temukan pada kompor listrik Hi-Cook. 

Baca juga: Cari Kompor Gas Portable yang Bagus dan Awet? Hi-Cook Juaranya! 


Tips memilih kompor listrik di atas bisa kamu jadikan acuan saat hendak membeli kompor. Tapi bila ingin kompor dengan kualitas terjamin dan terpercaya, ada kompor listrik Hi-Cook yang hemat daya dengan desain ergonomis! 

Exit mobile version