Site icon Hi-Cook Official

21 Ide Menu Makanan untuk Kemah Pramuka, Praktis!

menu makanan untuk kemah pramuka

Sedang bingung mencari ide menu makanan untuk kemah pramuka? Selain mempersiapkan peralatan kemah pramuka, persediaan makanan untuk bekal selama berkemah juga tak kalah penting.

Biasanya, banyak orang lebih memilih makanan instan untuk kemah karena lebih praktis dan mudah. Tapi, kegiatan berkemah melibatkan banyak aktivitas fisik sehingga kamu juga perlu asupan yang cukup dan bergizi. 

Ternyata, ada juga kok menu makanan untuk kemah pramuka yang mudah dibuat dan lebih sehat daripada makanan instan. Kamu bisa menjadikannya sebagai opsi agar tidak makan masakan instan setiap harinya selama berkemah.

Nah, kamu bisa mengintip ide menu berikut untuk persiapan berkemahmu nanti. Siapa tahu, masakanmu bisa jadi inspirasi dan contoh makanan sehat untuk peserta pramuka lainnya!  

Baca juga: Daftar Makanan Camping Bersama Keluarga

Menu Makanan untuk Kemah Pramuka

Menu makanan perkemahan yang sehat tidak harus ribet, kok. Kamu juga bisa menyiapkan menu sarapan, makan siang, hingga makan malam yang bergizi. 

Asupan nutrisi yang cukup juga akan mendukung aktivitasmu selama mengikuti perkemahan pramuka. Berikut adalah beberapa ide menu makanan saat berkemah yang bisa kamu coba masak. Tenang saja, cara memasaknya mudah dan tidak membutuhkan skill memasak khusus, kok!  

Baca juga: Mau Camping Dengan Keluarga ? Cek 7 Perlengkapan Camping Ini

1. Omelet

Source: Pixabay

Menu makanan untuk kemah pramuka yang praktis adalah omelet. Bahan utama yang kamu perlukan hanyalah telur, garam, dan lada. Kamu juga bisa menambahkan topping lainnya sebagai variasi, seperti makaroni, sosis potong, bawang bombai, jamur, tahu, dan daun bawang. Menu ini sangat fleksibel jadi tinggal kamu sesuaikan dengan bahan yang ada.

Sebagai referensi, berikut adalah Resep Omelet Mie Telur ala @masakbyrr yang bisa kamu ikuti.

Bahan :

Cara Masak :

  1. Rebus mie, jangan sampai terlalu matang.
  2. Pecahkan telur lalu kocok hingga rata.
  3. Iris tipis daun bawang, dan kol, lalu tambahkan ke adonan telur.
  4. Masukkan mie ke adonan telur.
  5. Tambahkan lada, garam dan bumbu mie instan lalu aduk hingga tercampur rata.
  6. Panaskan teflon lalu tambahkan sedikit minyak.
  7. Masukkan adonan lalu ratakan.
  8. Tunggu hingga matang lalu balik omelet.
  9. Angkat dan sajikan.

2. Sayur Sop

Source: Traveloka

Menikmati sayur sop yang hangat di tengah cuaca dingin tentu terasa nikmat. Menu makanan untuk kemah pramuka satu ini sangat cocok untuk sarapan pagi hari maupun malam hari. 

Agar lebih praktis, kamu bisa membeli paket sayur sop kemasan di supermarket atau menyiapkan bahan sayuran dari rumah. Ini membuat bahan masakan jadi lebih mudah dibawa dan praktis untuk memasak.  Tinggal cemplungkan ke dalam wajan berisi air mendidih, beri bumbu dan koreksi rasa, lalu masak sampai matang, deh! Berikut contoh resep sayur sop untuk kemah pramuka yang simple.

Bahan:

Cara Membuat:

  1. Masak air dalam panci. Sambil menunggu air mendidih, cuci bersih semua sayuran. Lalu potong-potong, sisihkan.
  2. Setelah air mendidih masukkan wortel, buncis, makaroni, ayam, dan kol.
  3. Setelah wortel dan makaroni sudah mulai empuk lalu masukkan bakso, sosis, daun bawang, dan seledri.
  4. Masukkan gula, garam, masako, pala bubuk, dan lada bubuk. Tes rasa, masak sebentar lagi lalu matikan.
  5. Goreng bawang di wajan, jika sudah kecoklatan masukkan bawang goreng ke dalam panci yang berisi sop.

By: @fitria_lusiana

3. Tumis Sayur

Source: Pixabay

Contoh resep makanan yang cocok untuk kemah pramuka yang praktis adalah tumis sayur, seperti tumis buncis wortel dan tumis terong kacang panjang.  

Sayuran cepat matang ketika dimasak sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya. Selain itu, juga mengandung serat dan gizi yang baik untuk tubuh.  Kamu bisa menggunakan bahan sayur yang sama untuk membuat sup, jadi dua menu yang berbeda dan lebih hemat bahan bawaan deh!

Sebagai contoh, ini dia resep Tumis Brokoli Jagung Manis yang simple. Bila ingin lebih praktis, kamu bisa memotong sayuran atau bahan lainnya di rumah, lalu mengemasnya dalam wadah plastik. Jadi, saat memasak kamu tidak memasukkan bahan saja. Praktis, kan?
Bahan Utama

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan cabai merah. Tumis hingga cabai sedikit layu.
  2. Kemudian masukkan wortel dan jagung manis. Aduk rata. Lalu masukkan air. Masak hingga wortel dan jagung empuk. Masukkan daun bawang, aduk rata. Bumbui dengan saos tiram, kecap asin, garam, gula, merica bubuk, dan kaldu jamur. Tes rasa.
  3. Jika sudah enak, masukkan brokoli. Masak hingga brokoli empuk. Matikan api & sajikan.

Sumber: @dapurbundadisti

4. Daging Grill

Makanan tinggi protein seperti daging tentu tidak boleh tertinggal dari daftar menu makanan untuk kemah pramuka. Aktivitas di alam terbuka dan padat membuatmu butuh asupan protein yang cukup. Maka, kamu bisa membawa daging sebagai bekal makananmu selama berkemah.  

Kamu bisa membuat daging grill menggunakan daging ayam atau daging sapi. Agar makin terasa nikmat, kamu juga bisa menyiapkan bumbu daging grill dari rumah dan tinggal mengoleskannya saat dibakar atau dipanggang. Untuk memanggang daging, kamu bisa menggunakan panci panggang seperti Hi-Cook Griddle Pan. Bila ingin kegiatan masak lebih seru, kamu juga bisa memanggang dengan alat grill bongkar pasang seperti Hi-Cook Portable Grill.

5. Sandwich

Source: Pixabay

Roti lapis atau sandwich bisa jadi menu sarapan sebelum mulai beraktivitas. Kamu bisa membuat sandwich isi selai maupun sandwich isi telur dan daging. 

Selain mudah dibuat, sandwich juga bisa kamu kemas atau bungkus untuk menjadi bekal selama perjalanan atau aktivitas.  Ini contoh resep sandwich menggunakan daging smoked beef, rasanya pasti enak dan tetap bikin kenyang!

Bahan:

Cara Membuat:

  1. Oles roti tawar dengan sedikit mentega, panggang menggunakan panci anti lengket menggunakan api kecil hingga kecokelatan. Lalu angkat dan sisihkan.
  2. Panggang smoked beef sebentar, kemudian buat telur ceplok.
  3. Untuk penyajian, taruh satu lembar roti tawar, beri selada di bagian atasnya dan tambahkan 1 lembar smoked beef. Kemudian, tumpuk kembali dengan roti tawar, lalu potong sesuai selera. Sandwich siap dinikmati!

Sumber: seendy0209

Baca juga: Resep Sandwich Buah ala Jepang, Cocok Buat Bekal Anak Sekolah 

6. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang cocok untuk kemah pramuka karena mudah dibuat, mengenyangkan, dan bergizi. Tambahkan buah potong atau madu sebagai pelengkap agar terasa makin nikmat dan sehat. 

Menu ini juga cocok untuk sarapan atau camilan ketika beristirahat di sore hari. Oatmeal yang hangat tentu terasa makin nikmat dimakan di tengah cuaca sejuk. 

7. Bubur Kacang Merah

Kamu bisa membuat bubur kacang merah sebagai sarapan atau hidangan penutup makan malam. Cara memasaknya juga mudah dan menggunakan bahan simple yang mudah dibawa. Bahan yang kamu perlukan yaitu kacang merah, santan instan, gula, dan daun pandan. 

Kuah santan yang gurih berpadu dengan kacang merah yang manis dan empuk dijamin bikin menu ini jadi favorit! Apalagi, dinikmati bersama teman-teman perkemahan, membuat suasana makin akrab dan seru! 

8. Buah

Buah buahan adalah salah satu bahan makanan berkemah yang tidak boleh terlupakan. Kamu bisa menjadikan buah sebagai sarapan pagi atau sebagai pencuci mulut setelah makan malam. 

Beberapa jenis buah yang cocok kamu bawa untuk perkemahan pramuka seperti buah pisang, apel, pir, dan alpukat. Buah tersebut tinggi serat dan nutrisi, serta mengenyangkan. Cocok untuk sarapan pagi hari sebelum mulai beraktivitas. 

Baca juga: Cari Kompor Gas Portable yang Bagus dan Awet? Hi-Cook Juaranya!

Menu Makanan Instan untuk Kemah Pramuka

Selain membuat aneka menu masakan untuk kemah pramuka, tidak ada salahnya kamu juga membawa makanan instan sebagai perbekalanmu selama berkemah. 

Makanan instan lebih tahan lama dan mudah untuk dimasak, jadi sangat cocok untuk kebutuhan darurat maupun aktivitas outdoor. Berikut adalah beberapa daftar makanan instan yang bisa kamu bawa. 

Baca juga: Menu Sarapan Pagi Simple, Bikinnya Gak Sampai 30 Menit! 

1. Pancake

Source: Pixabay

Pancake mix atau adonan pancake instan bisa kamu bawa untuk acara memasak saat berkemah. Bisa kamu jadikan menu sarapan pagi hari nih! Tambahkan juga buah potong atau selai buah agar makin terasa nikmat. 

2. Mac & Cheese

Source: Pixabay

Ingin hidangan ala Barat yang praktis? Mac & Cheese atau makaroni keju bisa jadi pilihan menu makan malam! Agar makin terasa nikmat dan spesial, kamu bisa menambahkan sosis atau daging grill.  

Bila kamu membawa gas torch, kamu juga bisa membuat keju bakar sebagai topping Mac & Cheese agar makin terasa nikmat.  

3. Mi Instan

Source: Pixabay

Berkemah belum lengkap rasanya bila tidak ditemani dengan mie instan. Apalagi, mie instan kuah yang ditambah telur rebus, makin terasa lezat di tengah cuaca dingin atau malam hari! 

4. Bubur Instan

Source: Product Nation

Menu makanan untuk kemah pramuka seperti bubur instan cocok kamu jadikan sebagai menu sarapan. Sangat cocok di tengah kesibukan kemah pramuka yang punya waktu memasak terbatas. Kamu juga bisa menambahkan sayuran atau telur rebus sebagai sumber protein. 

5. Sup Instan

Source: Pixabay

Bila berkemah di tempat dengan minim penerangan, tentu repot bila ingin memasak sup yang perlu banyak persiapan. Jika ingin praktis, sup instan bisa jadi opsi yang tepat karena tidak perlu waktu lama untuk membuatnya. 

Sup instan ada yang tersedia dalam bentuk kaleng maupun bubuk. Cara menyajikan sup kaleng yaitu tinggal dipanaskan, kemudian tambahkan sayuran sesuai selera. Sementara bila sup instan bubuk, kamu perlu merebus air terlebih dulu dan mencampurkan bubuk sup instan.

Sup instan bubuk lebih mudah dibawa karena lebih ringan dan tidak butuh tempat penyimpanan yang besar. Jadi, tidak menambah berat barang bawaan.

6. Sarden Kaleng

Source: Pixabay

Makanan kaleng menjadi bahan makanan kemah pramuka yang wajib kamu bawa, termasuk pula ikan kaleng atau sarden. Sekarang sudah banyak sarden kaleng dengan berbagai rasa, mulai dari sarden bumbu balado hingga sarden goreng serundeng. Bisa jadi opsi lauk makan siang agar tidak bosan nih! 

7. Abon

Source: Hai Bunda

Abon kemasan instan sangat cocok untuk dijadikan bekal berkemah. Makanan ini ringan dan mudah dibawa, serta cocok untuk lauk makan yang tinggi protein. Berbagai jenis abon yang bisa kamu bawa seperti abon sapi, abon ayam, abon ikan, hingga abon jamur. 

8. Makanan Ringan

Source: Kompas

Makanan ringan atau snack tentu tak boleh sampai ketinggalan, ya! Meski bukan menu makanan berat, makanan ringan bisa jadi camilan di sore hari atau saat bersantai. Biasanya, makanan ringan juga dinikmati saat malam hari ketika malam api unggun.  

Baca juga: 5 Destinasi Camping Dekat Jakarta , Opsi Liburan Keluarga Seru

Menu Makanan untuk Kemah Pramuka Api Unggun

Source: Pixabay

Salah satu momen yang paling ditunggu tunggu ketika perkemahan pramuka adalah saat acara api unggun. Biasanya, setelah acara api unggun pramuka akan diadakan acara makan bersama untuk menambah keakraban. 

Nah, menu makanan yang sudah pasti ada adalah berbagai menu bakaran yang bisa dinikmati bersama. Bila kamu juga sedang mencari ide menu yang cocok untuk dimasak dengan api unggun, daftar makanan berikut bisa kamu jadikan inspirasi. 

  1. Kentang Bakar 
  2. Jagung Bakar 
  3. Sosis Panggang 
  4. Ayam Panggang 
  5. Sate dan Kebab 
  6. Umbi Panggang 
  7. Marshmallow 

Untuk membuat masakan di atas, kamu perlu peralatan grilling portable agar lebih praktis, seperti Hi-Cook Portable BBQ Grill PG-30. Jangan lupa pula menyiapkan bumbu bakaran agar makanan terasa makin nikmat!

Baca juga: Contoh Makanan Teknik Grilling Rumahan yang Simple

Summary
Recipe Name
21 Ide Menu Makanan untuk Kemah Pramuka, Praktis!
Author Name
Published On
Preparation Time
Exit mobile version