Apa Itu Fire Blanket dan Bagimana Cara Penggunaannya?

Fire blanket adalah alat untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran tahap awal dan kebakaran yang disebabkan oleh minyak atau konsleting listrik. Alat ini sederhana dan cocok untuk ditempatkan di dapur serta penggunaannya yang mudah.

Apa yang akan kamu lakukan jika terjadi kebakaran di dapur? Panik saat menghadapi kebakaran akan menimbulkan refleks untuk mengambil air lalu disiramkan ke api tersebut. Padahal tidak semua kebakaran bisa dipadamkan dengan air. Kebakaran yang disebabkan oleh minyak atau konsleting listrik akan sulit padam jika menggunakan cara tersebut.

Kebakaran dapur ini merupakan hal yang sangat mungkin terjadi di dalam rumah tangga. Kelalaian adalah salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya titik api di dapur. Apalagi jika kamu sering memasak dirumah, Pasti berusaha agar mencegah hal tersebut terjadi. Salah satu caranya adalah menggunakan fire blanket atau selimut api.

Maka dari itu keselamatan harus menjadi prioritas dengan memiliki alat ini di rumah yang dapat dijadikan pertolongan pertama kebakaran kecil untuk memadamkan api akibat minyak dan korsleting listrik. Berikut pengertian, fungsi dan cara penggunaan fire blanket yang benar!

Apa Itu Fire Blanket atau Selimut Api ?

Fire blanket atau selimut api adalah alat pemadam api kecil berbentuk selimut, terbuat dari terbuat dari bahan tahan api, seperti benang fiber, serat kaca, serat aramid (Kevlar), dan kain fiberglass dibentuk dari benang fiber yang ditenun menjadi kain yang sangat efisien sebagai bahan peredam panas sampai panas maksimal 550 derajat celcius.

Alat ini lebih banyak diminati karena bentuk nya yang praktis, cocok untuk disimpan di dapur dan harganya yang murah dibandingkan dengan fire extinguishers atau alat pemadam kebakaran. Untuk cara kerjanya, alat ini akan memutus aliran oksigen dari titik api, dimana udara dan oksigen menjadi salah satu unsur dari segi tiga api, sehingga pada saat suplai oksigen berhenti maka api akan padam secara otomatis.

Memiliki beberapa ukuran, pada umumnya terdiri dari ukuran 1m x 1m, 1,2m x 1,2m, 1,2m x 1,8m dan 1,8m x 1,8m. Ukuran disesuaikan dengan kebutuhan, ukuran kecil biasanya digunakan untuk kebaran di dapur seperti memadamkan api pada panci di atas kompor sedangkan ukuran besar dapat digunakan melindungi seseorang saat kebakaran.

Fungsi Fire Blanket 

Fire Blanket memungkinkan untuk mencegah kebakaran yang disebabkan oleh panas dan mengurangi kerusakan, karena hal itu merupakan bagian penting dari tindakan keselamatan kebakaran di dalam dapur. Berikut beberapa fungsinya yang harus kamu ketahui:

  1. Pertolongan pertama untuk kebakaran kecil, misal kompor terbakar, korsleting listrik atau kebakaran skala kecil lainnya sebelum api mulai membesar melalap bagian lainnya.  
  2. Alat pemadam yang sederhana dan sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Tidak memakan tempat untuk penyimpanannya, cukup digantung di dinding dapur.  
  3. Terbuat dari 100% fiberglass/serat kaca yang dapat bertahan sampai dengan suhu api sekitar 550 derajat celcius   
  4. Dapat menjadi perlengkapan pertolongan saat terjadi kebakaran, selain menutup sumber api bisa juga digunakan untuk selimut pembungkus diri saat diperlukan untuk melewati api sudah membesar.   

Tips Cara Pemakaian Fire Blanket Secara Benar dan Aman   

Penggunaan fire blanket masih kurang umum diketahui oleh masyarakat. Padahal produk ini harus dimiliki, sebagai bentuk pengamanan saat terjadinya kebakaran kecil.

Adanya alat ini akan melengkapi sistem proteksi kebakaran baik di rumah, apartemen, kantor. Bisa digunakan baik untuk pemadaman kebakaran awal maupun penyelamatan.

Berikut Tips penggunaan fire blanket yang perlu perhatikan:   

  1. Sebelum memutuskan menggunakannya, perhatikan dulu seberapa besar api kebakaran. Fire Blanket hanya diperuntukkan untuk api kecil atau api yang ukurannya tidak lebih besar dari jangkauan yang sanggup ditutupi.
  2. Sebelum penggunaan, pastikan kamu menggunakan sarung tangan tahan panas untuk melindungi dari hawa panas dan rasa gatal yang mungkin timbul saat bersentuhan langsung. Hal ini disebabkan bahan fiberglass (Serat kaca) yang terkandung di dalamnya.
  3. Buka Fire Blanket dengan menarik kedua ujung tali yang menjuntai sampai blanket terbuka lebar dari tempat penyimpanannya   
  4. Posisikan menutup sisi lengan. Pastikan daya pandang tidak tertutup untuk melihat titik api. Posisikan diri searah dengan arah angin (jangan melawan arah angin)
  5. Dekati titik api, bentangkan fire blanket dan segera tutup seluruh area yang terbakar. 
  6. Bila memungkinkan, segera matikan sumber panas, seperti mematikan arus listrik, mematikan kompor, oven, dan sebagainya   
  7. Segera melangkah menjauh dari area terbakar dan biarkan menutupi sumber api selama 30 menit lebih untuk membuat area tersebut aman dan memastikan tidak ada bara api yang menyala kembali
  8. Segera hubungi petugas pemadam kebakaran jika usaha pemadaman terlihat tidak berhasil   
  9. Fire Blanket hanya bisa digunakan sekali pakai setelah api padam total dan jangan menggunakannya lagi.  

Jika kamu belum memiliki fire blanket di rumah, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memproteksi diri dan keluarga dengan memilikinya di rumah.

Hi-Cook menyediakan 2 tipe fire blanket yaitu FB-1212 yang berukuran 1,2m x 1,2m dan FB-1218 berukuran 1,2m x 1,8m. Sesuaikan dengan kebutuhan, tetapi semuanya sangat praktis dan cocok untuk diletakkan di dapur Anda.

Mencegah lebih baik sebelum terjadi ya, semoga bermanfaat.

× Hubungi Kami