Cara Menggunakan dan Merawat Panci Agar Tahan Lama

Peralatan memasak yang hampir digunakan setiap hari adalah panci, oleh karena itu tak heran kalau panci di rumah sering rusak. Panci mempunyai banyak varian, tetapi cara menggunakan dan merawatnya sama loh.. Berikut ini cara menggunakan dan merawat panci marble yang benar agar panci awet dan tahan lama!

Cara Penggunaan Panci Yang Benar

  1. Sebelum digunakan pertama kali, lepaskan semua kemasan dan label, dan bersihkan panci dengan air sabun hangat.
  2. Rebuslah air dalam wajan kemudian buang air tersebut, lakukan sebanyak 2-3 kali. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan sisa produksi dan kontaminan.
  3. Oles bagian dalam wajan dengan sedikit minyak saat pertama kali digunakan. Prosedur ini disarankan untuk dilakukan dari waktu ke waktu.
  4. Lapisan anti lengket keramik sangat tahan suhu hingga 400 derajat celcius. Namun wajan terlalu panas tidak disarankan.
  5. Lapisan keramik memanas dalam waktu yang sangat singkat, oleh karena itu jangan panaskan wajan di atas kompor tanpa pengawasan.
  6. Pastikan wajan berukuran sama atau lebih besar dari sumber panas pada kompor gas dan jangan biarkan api menyala melewati pinggir wajan bagian bawah. Untuk kompor induksi, electric, halogen dan glass ceramic cooker, pastikan wajan berukuran sesuai dengan yang direkomendasi pada kompor.
  7. Hindari suhu di atas 250 derajat celcius, gunakan sedikit minyak pada wajan sebagai indikator panas, karena minyak akan mulai berasap pada suhu lebih dari 250 derajat celcius.
  8. Direkomendasikan menggunakan suhu sedang dan menggunakan sedikit minyak ketika proses menggoreng.
  9. Hindari panas berlebih yang mengakibatkan makanan yang dimasak menjadi gosong, karena hal tersebut dapat mengakibatkan tertinggalnya kerak pada lapisan keramik tahan panas.
  10. Jangan membiarkan minyak dalam wajan pada suhu yang tinggi dan dalam waktu yang lama yang dapat menyebabkan panas berlebih pada minyak.
  11. Jangan pernah memotong makanan di dalam wajan menggunakan benda tajam dan keras.
  12. Gunakan hanya sutil dari bahan silikon, nilon atau kayu.
  13. Selalu bersihkan wajan sebelum digunakan ataupun sebelum disimpan.

Cara Membersihkan dan Merawat Panci Agar Awet dan Tahan Lama

  1. Dinginkan wajan sebelum dibersihkan sampai mencapai suhu ruangan, karena perubahan panas yang cepat dapat menyebabkan deformasi (perubahan bentuk) permanen.
  2. Gunakan air panas dan spons non-abrasif atau sikat nilon lembut (Jangan gunakan sabut baja atau bantalan gosok!).
  3. Jangan gunakan bahan pembersih yang agresif atau abrasif untuk menghilangkan lemak dan sisa makanan dari lapisan anti lengket pada wajan.
  4. Jika terdapat endapan kerak pada lapisan wajan, jangan bersihkan dengan sabut gosok atau benda tajam, tetapi rendamlah wajan menggunakan air panas dan bersihkan endapan dengan hati-hati menggunakan sikat nilon lembut atau kain lembut.
  5. Sisa makanan yang tidak dibersihkan secara menyeluruh, dapat mengakibatkan perubahan warna dengan tingkat keparahan yang bervariasi, yang dapat berdampak negatif pada permukaan anti lengket. Oleh karena itu permukaan wajan harus dibersihkan secara hati-hati.
  6. Sedikit perubahan warna dan noda adalah hal yang normal, dan akan lebih terlihat pada permukaan yang terang daripada permukaan yang gelap.
  7. Membersihkan di mesin pencuci piring dapat mengurangi sifat anti lengket yang disebabkan oleh detergen yang agresif. Lebih direkomendasikan untuk mencuci secara manual.

Nah itulah cara merawat panci di rumah agar tetap awet dan tahan lama, mudah kan? selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

× Hubungi Kami